Kamis, 04 Oktober 2012

Saatnya UKM Masuki Era Virtual

Marketing

Saatnya UKM Masuki Era Virtual

Menata kantor supaya tampak rapi dan elegan bagi kunjungan klien? Mungkin ini sudah bukan prioritas lagi sekarang. Kini lebih penting menata penampilan galeri virtual produk dan layanan website Anda. Biayanya lebih murah, jangkauannya… tak terbatas! Promosi pun semudah menjentikkan jari tangan melalui tombol-tombol huruf di komputer Anda. Ya, era virtual, khususnya bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), kini memang sudah dimulai.

Pesatnya perkembangan teknologi memberikan peluang besar terhadap era perdagangan tanpa batas wilayah. Memasarkan produk dan layanan sudah saatnya tak hanya mempertimbangkan pasar lokal tetapi menjangkau pasar yang lebih luas. Mulai dari konsumen di berbagai kota di tanah air hingga di kota-kota lain di luar negeri. Semua itu kini bisa dijangkau hanya dengan seperangkat piranti komputer seberat kurang dari 5 kilogram. Untuk itu, UKM mutlak menguasai teknologi internet, dan memanfaatkannya secara maksimal demi kemajuan usaha.

Selain menembus pasar yang lebih luas, internet merupakan sarana berkomunikasi yang efektif untuk bisa berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Komentar, kritik, saran, bahkan komplain sekalipun bisa segera diterima tanpa harus menunggu kesempatan bertemu. Lewat internet, UKM juga bisa langsung menghadirkan produk di depan pelanggan tanpa harus sibuk mengangkut barang ke lokasi seperti bila sedang mengikuti pameran dagang.

Potensi pasar yang bisa digarap via internet memang luar biasa. Tengok saja pertumbuhan pengguna internet yang mencengangkan. Pada kiartal pertama 2011 ini saja, pengguna internet di Indonesia telah mencapai 39,6 juta jiwa (data www.internetworldstats.com). Dari angka tersebut, 38,86 juta di antaranya terdaftar sebagai anggota facebook, sarana media jejaring sosial yang sangat populer di Indonesia selain twitter. Sebagai pengguna aktif internet, Indonesia menduduki peringkat ke-4 terbesar di Asia setelah Cina, India, dan Jepang. Total pengguna internet di Asia sendiri saat ini diperkirakan mencapai 932.393.209 (kwartal pertama 2011), dan itu merupakan 44% dari total pengguna internet di seluruh dunia.

Kecanggihan teknologi smartphone seperti blackberry, iphone, atau ipad menambah lagi kemudahan akses bagi para pengguna internet, yaitu cukup dari genggaman. Selain sebagai sarana social networking, para pelaku usaha tak dapat lagi mengabaikan internet sebagai keharusan bagi jejaring bisnis. Lagipula, mengapa tidak, kalau pengeluaran yang lebih sedikit itu justru menjanjikan keuntungan yang lebih besar, tak peduli di mana pun Anda berkantor, atau dari mana pun Anda menjalankan roda bisnis Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar