Minggu, 02 September 2012

KISAH SUKSES OPRAH: Berdiri di Tengah Badai Katrina

Berdiri di Tengah Badai Katrina

Inspirational Story
Tulisan ini saya sunting dari bukunya Pak Hamry GZ

Mississipi, Amerika Serikat, 29 Januari 1954

Seorang Bayi Perempuan berkulit hitam telah lahir dari sebuah keluarga miskin. Sejak bayi, hingga berusia enam tahun, ia dirawat oleh neneknya, di sebuah peternakan babi di pedesaan, saking miskinnya, terkadang ia harus memakai baju dari karung goni.

lalu saat orang tuanya bercerai, di usia 9 tahun ia tinggal bersama ibunya yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga. karena kurangnya perhatian dan penjagaan dari ibunya, sang gadis malang ini pun kerap kali mengalami pelecehan seksual, hingga kemudian diperkosa oleh sepupunya sendiri, dan juga oleh teman-temannya. Puncaknya terjadi saat ia berusia 14 tahun, saat ia mengalami kehamilan dan harus melahirkan seorang bayi tanpa ayah, dan sesaat kemudian bayinya meninggal. Itulah saat terburuk dalam hidupnya, seakan ia telah hancur dan tak memiliki masa depan lagi.

Tapi ia merasa Tuhan masih memberinya kesempatan hidup kedua untuk memperbaiki hidupnya. lalu ia pun tinggal bersama ayahnya. sang ayah mendidiknya dengan disiplin tinggi, mewajibkan untuk membaca satu buku setiap pekan, dan membuat ringkasan kesimpulannya. Tempaan yang keras dari sang ayah, ternyata membuahkan hasul, pada usia 16 tahun ia terpilih menjadi kontestan ratu kecantikan, dan menjadi pembaca berita di stasiun radio lokal di kota Nashville. kemudian ia mendapat beasiswa ke Tennessee State University, di mana ia belajar seni pidato, drama, dan sastra inggris, lalu menjadi pembaca berita pada stasiun TV yang berafiliasi pada CBS.

lalu ia dipercaya menjadi Host di acara talkshow "people are talking", di stasiun TV di Baltimore. ia menempa pengalaman dan mengasah kemampuan yang sesuai minat dan bakatnya tersebut, selama enam tahun, hingga pada 19184 di usia 29 tahun ia lolos audisi untuk menjadi pemandu acara i'm Chicago, dengan gaji US$ 230.000. Dalam tempo hanya 1 bulan, acaranya sukses luar biasa dan berhasil menyedot jutaan pemirsa TV dan ratingnya menduduki peringkat puncak.

Dua tahun kemudian, ia tampil secara nasional di sebuah acara talkshow. dan acaranya semakin mendunia setelah disiarkan ke lebih dari 140 negara di dunia, dan menduduki rating tertinggi. penghasilannya dari penjualan hak siar, dan dari para sponsor, jelas membuatnya menjadi kaya raya. Selain itu ia juga mendirikan rumah produksi. perusahaan film meluncurkan majalah mendirikan jaringan TV Kabel Oxygen, memiliki saluran radio, dan sebuah yayasan amal kemanusiaan.

Maka tak heran, jika kini Forbes menetapkannya menjadi salah satu wanita terkaya di dunia, dengan nilai kekayaan lebih dari US$ 1,5 Miliar! ia bahkan juga mendapat gelar, sebagai wanita paling kuat dan berpengaruh di dunia oleh CNN, Time.com, American Spectator Life Ladies home Journal Entertaiment weekly. Bahkan Dia juga masuk dalam kategori wanita berpengaruh di dunia versi majalah TIME sebanyak 6 kali, dan banyak penghargaan dunia lainnya yang berhasil ia raih.

Ya ia adalah Oprah Winfrey, yang sering kita saksikan dilayar kaca membawakan acara talkshow Oprah Winfrey Show, yang melegenda itu,


Luar biasa memang kisah hidup Oprah Winfrey, seharusnya Oprah hanya punya 1.001 alasan, untuk mengakhiri hidupnya saat mengalami keterpurukan! saya rasa sulit untuk mencari pengalaman hidup yang lebih pahit dibanding Oprah!!! TAPIIII... Oprah memilih  tidak melakukan yang kebanyakan orang lakukan saat frustasi, dan Oprah sadar bahwa ia tak akan bisa mengubah masa lalu yang telah terjadi, walau ia menangis 10 tahun lamanya, atau bahkan jika ia bunuh diri, tetap saja kejadian di masa lalu akan melekat dalam hidupnya. Namun ia bisa merencanakan masa depan yang lebih baik, dan menjadikan masa lalunya sebagai cambuk menuju kesuksesan yang diimpikannya.

Kini, Oprah menjadi Inspirasi bagi seluruh wanita di dunia yang pernah mengalami cobaan serupa, atau mungkin lebih berat. Oprah mengajak kita untuk bisa bangkit berdiri, dan berusaha menatap hari esok dengan penuh semangat, ya Oprah dalam kondisi sesulit apapun, tetap tangguh menghadapinya, laksana Berdiri di TENGAH BADAI KATRINA yang terkenal sangat dahsyat, dalam meluluhlantahkan semua bangunan yang dilaluinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar