Kamis, 28 Maret 2013

Tips Menggunakan Android


3 Tips Dasar Menggunakan Android Bag. 1

 3 Tips Dasar Menggunakan Android Bag. 1
Android datang dengan segudang fitur yang sebagian besar dari fitur-fitur tersebut malah jarang digunakan. Maka nggak heran kalo mau melakukan sesuatu yang sederhana aja malah bingung, hehe, maklumlah karena fitur dasar Android nggak semua kita pakai sehari-hari.
Simak 3 tips dasar menggunakan Android berikut ini.

1. Mengubah Default App

Default app adalah aplikasi yang secara otomatis berjalan ketika kita membuka suatu file. Contohnya waktu kita membuka sebuah file gambar, secara default akan menjalankan QuickPic, maka ketika akan membuka gambar itu dengan aplikasi lain secara otomatis kita harus mengubah default app dengan aplikasi yang dimaksud, misalnya Gallery.

Caranya buka Settings -> Applications -> Manage Applications. Nah, silakan pilih aplikasi (misal: QuickPic) yang mau dihilangkan predikat default app, lalu pilih Clear Defaults. Setelah itu waktu membuka file gambar akan ditawari lagi mau menggunakan aplikasi apa.

2. Menghapus Isi SD Card

Ketika SD Card udah dipenuhi file sampah dan berpotensi berisi virus maka cara alternatif yang bisa dilakukan adalah menghapus seluruh data yang tersimpan di dalam SD Card. Untuk melakukan itu Android telah menyediakan satu tombol yang berada di Settings -> Storage -> Erase SD card.

Lakukan ini kalo kamu udah yakin bahwa nggak ada lagi data penting.

3. Mengunci Screen Orientation

Sering mainan hape sambil tiduran? Repotnya kalo kamu pas miring ke kanan ato ke kiri, eh layar hapenya nggak ikut miring. Soalnya accelerometer-nya menjaga tampilan layar, yang atas tetep di atas.

Tampilan layarnya bisa dikunci koq, silakan masuk ke Settings -> Display dan hilangkan centang pada pilihan Auto-rotate screen. Cara yang lebih praktis pakai widget, cukup sekali sentuh dari home screen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar