Kamis, 04 April 2013

Tips Memilih Susu Formula Pada Bayi

Tips Memilih Susu Formula Untuk Bayi

Courtesy ShutterStock.com Vemale.com - ASI memang makanan yang terbaik untuk bayi. Kaya manfaat dengan nutrisi yang membantu perkembangan bayi maksimal.
Sejak dilahirkan, ASI eksklusif memang selalu dianjurkan oleh dokter. Sayangnya, ada beberapa kondisi di mana bayi tidak dapat memperoleh ASI dari sang ibu, semisal ketika ibunda meninggal saat persalinan, susu ibu yang tidak keluar, dan kasus-kasus yang terjadi lainnya.
Nah, apabila ternyata ada beberapa kondisi yang menyebabkan Anda harus memilih susu formula, inilah panduannya dikutip dari blogdokter.net.
Kenali dulu jenis susu formula
Menurut Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, susu formula dibagi menjadi tiga jenis:
Formula susu sapi
Susu formula pengganti ASI yang terbuat dari susu sapi. Gizinya seimbang dan lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi. Sayangnya, beberapa bayi menunjukkan respon alergi terhadap susu ini.
Formula susu kedelai
Susu formula ini terbuat dari kedelai, di mana protein didapat dari sumber nabati. Susu jenis ini baik untuk bayi yang alergi terhadap susu sapi. SOal nutrisi juga susu formula kedelai ini tidak kalah kok dengan susu formula sapi.
Formula hidrolisa protein
Susu formula yang satu ini mengandung protein yang dipecah/hidrolisa, sehingga bentuknya lebih kecil dibandingkan formula susu sapi dan formula susu kedelai. Susu formula jenis ini diberikan pada bayi yang alergi pada protein tertentu, dan tidak cocok minum formula susu sapi maupun formula susu kedelai.
Cara memilih susu formula
Sudah tahu kan beberapa jenis susu formula, nah kini mari kita cari tahu bagaimana cara memilihnya.
Tips 1:
Pilih susu formula yang sudah dilengkapi dengan zat besi
Tips 2:
Utamakan kandungan gizi, bukan merek ataupun harga susu. Sekalipun mahal, tidak semua susu berharga mahal mengandung nutrisi yang lengkap. Untuk itu, saat memilih susu lihat label nutrisi terlebih dahulu.
Tips 3:
Pastikan yang Anda pilih adalah susu formula bayi dan sesuaikan dengan usia bayi Anda.
Tips 4:
Jika ada keluhan diare, muntah atau tidak bisa buang air besar, konsultasikan jenis susu yang Anda beli pada dokter, sehingga dokter bisa membantu Anda memilih susu yang paling tepat.
Tips 5:
Lihat tanggal kadaluarsa susu, hindari membeli susu formula yang sudah kadaluarsa atau tanggal kadaluarsanya sudah dekat.
Tips 6:
Beli susu formula yang kemasannya masih baik. Apabila segel atau kemasan dalam kondisi rusak, susu tidak terjamin kualitasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar