Kamis, 25 April 2013

Tips Memilih Makanan Kaleng



Tips Memilih Makanan Kaleng


Karena semakin majunya tekhnologi dan semakin sibuknya manusia modern sekarang ini, menjadikan semakin banyak cara untuk mengemas makanan kita. Termasuk salah satunya adalah makanan dalam kemasan kaleng. Pasalnya, selain mudahnya cara penyajian, jenis masakan dalam kaleng yang beredar di pasaran pun sudah sangat beragam.  Di Supermarket hingga warung-warung sangat mudah menemukan kaleng ini. Untuk itu kita harus memperhatikan beberapa hal dalam memilihnya. Terkadang konsumen justru tidak memperhatikan kondisi dari makanan kaleng tersebut, apakah masih layak dikonsumsi atau tidak.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih makanan kaleng yang baik dan aman untuk dikonsumsi.
  1. Pilih Kemasan kaleng yang masih utuh dan tidak penyok. Karena kaleng kemasan yang penyok akan menimbulkan senyawa yang berbahaya yang berasal dari kaleng tersebut.
  2. Pilih makanan kaleng yang tutup atau sealnya masih utuh/tidak rusak.
  3. Usahakan tidak membeli makanan kaleng yang berjarak 3 bulan sebelum tanggal kadaluarsa. Meskipun bila sudah telanjur membeli, Anda masih dapat mengonsumsinya, sebab batas waktu konsumsi makanan kaleng umumnya 3 bulan sesudah tanggal kadaluarsa.
  4. Sebelum membeli makanan dalam kemasan kaleng sebaiknya perhatikan bagian atas atau tutup kaleng. Pastikan bahwa bagian atas kaleng harus cekung. Sebaiknya anda tidak membeli makanan kaleng yang sudah menggelembung. Penggelembungan ini terjadi karena adanya produksi gas oleh mikroorganisme, yang berarti terjadi pertumbuhan mikroorganisme. Dan ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan.
Kami harap sobat Dapur semakin mengerti cara memilih makanan kaleng yang aman dikonsumsi, karena banyak bahan makanan didalamnya yang cocok sebagai kombinasi resep masakan :D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar